Ahlan Wa Sahlan. Bismillaahirrahmaanirrahiim.
Beli Sekarang & Dapatkan Banyak Bonus Belanja

My Moslem Lifestyle

MAU JADI PENULIS? MENGAPA TIDAK!

Gerai Shagufta – Percayakah bahwa semua orang memiliki potensi menjadi seorang penulis?

Menulis bisa bersumber dari sebuah pengalaman, ide, opini, dan apa saja yang ada di dalam isi pikiran kita. Well, menulis adalah sebuah pilihan. Ketika apa yang kita pikirkan dan alami menjadi jejak yang membawa kebermanfaatan. Atau hanya akan terpendam dalam pikiran, lalu membiarkannya hilang sedikit demi sedikit dari memori kita. Itu Pilihan, Kawan!

Aktivitas menulis menjadi menyenangkan ketika kita memiliki tujuan yang jelas untuk apa kita harus menulis. Contoh tujuan menulis semisal untuk mengisi feed media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau untuk tugas kerja, lomba karya tulis, dan blog pribadi. Kegiatan menulis juga menjadi mudah dijalani sesuai bagaimana kita mengalokasikan waktu luang yang ada. Entah seberapa lamanya waktu itu. Asalkan memiliki kemauan dan komitmen untuk menulis, maka jadilah tulisan itu walaupun hanya beberapa kalimat saja.

Menulis bisa berisi karangan fiksi maupun non fiksi sesuai dengan tujuan si penulis. Isi tulisan pun beragam, mulai dari menulis pengalaman menarik yang pernah dialami, kegiatan yang disukai (hoby), keluarga, makanan kesukaan, dan banyak hal lainnya yang bisa dijadikan topik pada tulisan kita. Melalui tulisan kita bisa menyalurkan berbagai pendapat, ide, pengalaman, dan ilmu pengetahuan yang kita ketahui. Menarik bukan?

Aktivitas menulis dapat dilakukan setelah melakukan kegiatan yang menyenangkan, misalnya setelah makan dan sholat fardhu. Biasakanlah membaca karya-karya buku orang lain untuk menghasilkan ide tulisan. Jadilah pembaca yang baik. Niatkanlah untuk menulis, lakukan tindakan menuju apa yang anda inginkan.

“Menulis adalah pekerjaan sepi.”

Aniez Zulfa

Adakalanya kegiatan menulis membutuhkan situasi yang sepi, jauh dari keramaian sehingga membuat hati dan pikiran menjadi tenang untuk menulis. Pikiran menjadi terfokus pada hal yang ingin diluapkan melalui kata demi kata untuk menghasilkan suatu karya tulisan.

Selain itu, menulis juga membutuhkan pengorbanan berupa waktu dan tenaga yang kita miliki. Jadi, jangan hanya sekedar niat saja, tetapi segera luangkan waktu dan menulislah. Sudah seharusnya kita meluangkan waktu khusus untuk menulis serta memperbanyak bacaan sebagai asupan bergizi untuk isi tulisan kita.

Perbedaan orang yang rajin membaca dan kurang membaca terlihat dari kualitas tulisannya. Ketika ingin menjadi penulis, isilah pikiran dengan berbagai ilmu pengetahuan yang mendorong isi tulisan menjadi berkualitas.

Ada dua pertanyaan yang sebaiknya dipikirkan dan dijawab apabila ingin menjadi seorang penulis.

  1. Saya ingin karya menulis saya sebaik apa?
  2. Ingin menjadi penulis seperti apa?

Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang penulis.

Pertama, bila ingin karya bermanfaat pahami “Daya ketuk”.

Daya ketuk adalah nilai kemenarikan dari sebuah karya agar dapat diterima oleh pembacanya. Daya ketuk menggambarkan kekuatan yang dimiliki seseorang untuk menulis agar pembaca dapat tertarik. Istilahnya bisa diartikan sebagai kesan pertama terhadap suatu tulisan.

Kedua, “Daya Isi” atau kekuatan isi.

Content apa yang ingin kamu tulis? Jika ingin menulis tentang kesehatan, maka harus belajar tentang apa itu kesehatan, seberapa mendalam apa yang anda ketahui mengenai materi yang ingin anda tulis. Dua hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis yaitu sumber referensi dan narasumber yang memahami tema yang ingin ditulis. Carilah sumber referensi yang terpercaya dan tabayyunlah (menemui tokoh- tokoh yang paham tentang materi tersebut). Pastikan untuk menguasai tentang materi apa yang ingin ditulis.

Ketiga, Daya memahamkan.

Sempurnakanlah karya tulisan itu dengan daya memahamkan. Intinya seperti menyajikan nasi, jangan sampai makan nasi ada kerikilnya. Maka perlu untuk belajar kaidah bahasa, diksi (pilihan kata) dan pedoman cara menulis sesuai jenis tulisan yang diinginkan.

Lantas, apa sih pentingnya menjadi seorang penulis? Tahukah kamu nama Andrea Hirata, Kahlil Gibran, dan Habiburrahman El Shirazi? Ketiga tokoh penulis yang tersebut di atas adalah contoh penulis yang karyanya menjadi inspirasi ribuan bahkan jutaan manusia di muka bumi. Bahasa yang dituangkan dalam tulisan begitu menarik, indah, dan mengena di hati pembaca. Hal tersebut menunjukkan pengetahuan sastra yang mumpuni dari penulisnya.

Setiap makhluk hidup pasti mati, termasuk penulis. Namun, apabila seorang penulis meninggal dunia namanya akan terus hidup sampai berakhirnya kehidupan di muka bumi ini melalui karya yang pernah ia tuliskan. Penulis yang meninggalkan karya tulis yang bermanfaat maka mengalir teruslah amal kebaikan padanya serta ia akan tetap hidup dan dikenang sepanjang masa.

Menuliskan sesuatu hal yang baik apabila diniatkan tulus karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka keberkahan akan hadir kepada si penulis. Misal, kita menuliskan karya tulis berupa buku tentang keutamaan berbakti pada orangtua. Maka apabila pembaca tergugah hatinya atas izin Allah setelah membaca tulisan kita, lalu ia memperbaiki akhlaqnya pada orangtua sehingga menjadi anak yang sholeh dan sholihah. Maka pahala kebaikan orang tersebut akan mengalir pula kepada si penulis tadi.

Memantapkan hati untuk menulis sangat penting dilakukan sejak awal sebelum kita menulis. Untuk alasan apa karya tulis ini ada dan untuk siapa? Luruskan niat. Menulislah karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Apabila dari tulisan membuat kita menjadi terkenal, maka itu hanya efek saja, tujuan utama adalah menulis karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Mau menjadi Penulis? Mengapa tidak!

Mulailah menulis, tentang apapun itu.

Tulis, tulis dan tulis!

Aniez Zulfa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping